Pernahkah anda kesulitan dalam menggambar karena objek yang digambar miring, tidak paralel dengan monitor anda?
Tentunya akan lebih mudah kalau kita bisa menggambar jika objek yang digambar sejajar dengan monitor. Kadang kita tidak boleh memutar objek karena hal tersebut akan mengakibatkan koordinat objek berubah. Atau memang desain yang besar dan beberapa bagian desainnya miring.
Di tutorial ini kita akan membahas bagaimana kita dapat memutar viewport tanpa harus mengubah koordinat objek.
Mendefenisikan sudut putar
Untuk mendefenisikan sudut putar, kita perlu memutar UCS agar sejajar dengan objek lebih dulu.
Ketik UCS, lalu enter. Klik 3 point berturut-turut:
- Origin (titik 0,0)
- Titik yang mendefenisikan sumbu X
- Titik yang mendefenisikan sumbu Y
Memutar view
Sekarang ketik PLAN lalu tekan enter. Pilih Current UCS lalu enter.
Sekarang view anda sudah terputar! Sumbu UCS juga sudah sesuai dan anda dapat bekerja dengan lebih mudah.
Untuk mengembalikan view ke sudut semula, aktifkan lagi PLAN dan pilih World.
Memutar gambar viewport pada layout
Anda juga dapat memutar isi viewport di layout dengan teknik yang sama. Untuk melakukannya, anda harus mengaktifkan viewport lebih dulu dengan command MS atau double click viewportnya.
Jika anda punya gambar yang memiliki sudut seperti pada contoh, cara termudah untuk mencetaknya kelak adalah dengan melalui layout.
terima kasih tutornya gan
ReplyDelete